Berita Populer Batam: Dari Tilang Elektronik hingga Penertiban Bangunan di Jalan Trans Barelang

Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020) *disclaimer : foto hanya ilustrasi

BATAM, TRIBUNBATAM.id Berikut ini tribunbatam.id akan menyajikan informasi tentang Kejadian Populer Batam sekaligus Kejadian Populer Kepri per Selasa (13/4/2021):

1. Corona di Batam Meningkat, Enam Kecamatan Masuk Zona Merah Covid, Kadinkes Ingatkan Prokes

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam kembali meningkat. Hal ini sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di berbagai aktivitas sehari-hari.

“Kami ingatkan guna kebaikan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah terutama tentang prokes. Seperti gunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan.

Jangan lupa jaga kesehatan juga. Apalagi ini bulan puasa,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam Didi Kusmarjadi, Selasa (13/4/2021).

Ia melanjutkan, berdasarkan data harian, pasien terinfeksi corona masih disumbang dari klaster karyawan swasta mencapai 3.617 orang.

Kemudian klaster IRT berjumlah 618 orang, wiraswasta 501 orang dan klaster lainnya. Selain itu, peta situasi terkini kecamatan ada beberapa kecamatan mainland berwarna merah.

2. SIAP-SIAP! Tilang Elektronik Bakal Berlaku di Batam Mulai 28 April 2021

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di kota Batam, Kepulauan Riau akan mulai diberlakukan akhir April 2021 nanti.

Direktur lalu lintas Polda Kepri Kombes Pol Mujiyono mengatakan penerapan tilang elektronik akan dilakukan 28 April 2021 mendatang.

“ETLE diluncurkan pada 28 April mendatang,” ujar Mujiyono Selasa (13/4/2021)

Nantinya, jika ada masyarakat yang melanggar aturan lalulintas maka akan dikirimkan surat tilang ke rumah pemilik kendaraan.

“Jika dari pantauan kamera ETLE ada yang melanggar maka akan diverifikasi apakah kendaraan tersebut milik pengendara atau bukan. Lalu surat tilang akan dikirim ke rumah pemilik kendaraan,” sebutnya.

3. Safe Travel Corridor Ditunda, Ini Tanggapan Pelaku Pariwisata di Nongsa Batam, sudah Siap?

Kabar ditundanya pemberlakuan safe travel corridor di Provinsi Kepri mengundang tanya sejumlah pihak. Tak terkecuali para pelaku pariwisata di Nongsa, Kota Batam.

Pasalnya, pemerintah tak menjabarkan alasan penundaan yang diperkirakan hingga Mei 2021 mendatang.

“Terkait kabar penundaan itu memang belum ada info resmi. Tapi sudah dengar juga dari media,” ujar General Affair Citramas Group, Reggy Djakarya kepada Tribun Batam, Senin (12/4/2021).

Meski pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan secara maksimal, namun Reggy tak ingin terlalu mempersoalkan penundaan ini.

Ia paham, izin untuk membuka pintu masuk bagi seluruh wisatawan mancanegara (wisman) menjadi kewenangan penuh pemerintah.

4. APAKAH Rute Antarprovinsi di Pelabuhan Telaga Punggur Batam Juga Tutup saat Larangan Mudik Berlaku?

Hingga saat ini aturan teknis larangan mudik menggunakan moda transportasi darat, laut dan Udara belum di keluarkan Pemerintah terutama Kementerian Perhubungan.

Pemerintah beberapa waktu lalu telah mengeluarkan larangan mudik mengingat setiap kali usai libur nasional selalu terjadi lonjakan pasien covid 19 di Indonesia.

Pemerintah juga telah mengeluarkan Surat Edaran no 13 tahun 2021, tentang peniadaan mudik hari raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah.

Terkait hal itu, Kepala ASDP Pelabuhan Punggur Arifudin saat dikonfirmasi TRIBUNBATAM.id, Selasa (13/4/2021) menyatakan, hingga saat ini belum ada aturan teknis yang dikeluarkan soal larangan mudik oleh pemerintah.

“Kami belum tahu ini, bagaimana prosedurnya. Penumpang dan logistik, masih menunggu,” ujarnya.

5. PROYEK BP Kawasan Bintan Sorotan Kejari Akhirnya Selesai Diperbaiki CV Anak Temiang

Kontraktor pelaksana proyek BP Kawasan Bintan di Jalan Taman Sari, CV Anak Temiang akhirnya merampungkan perbaikan terhadap jalan yang rusak di proyek gorong-gorong di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana BP Kawasan Bintan, Bayu Wicaksono menuturkan, proses perbaikan dilakukan sejak 8 April 2021.

Proyek yang bersumber dari APBN dengan nilai Rp 1,305 Miliar ini menjadi sorotan setelah penyidik Kejari Bintan meninjau langsung kondisi proyek itu.

Mereka curiga dengan kondisi proyek yang baru siap dan belum sampai tiga bulan, namun sudah mengalami kerusakan.

Bayu juga menuturkan, setelah dua hari dilakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak di proyek gorong-gorong di Jalan Taman Sari Desa Lancang Kuning.

6. Segera Ditertibkan, Tim Terpadu Akan Kirim SP III terkait Bangunan di Jalan Trans Barelang

Tim Terpadu Kota Batam segera menertibkan bangunan dan kios liar yang berada di Simpang Barelang. Prosedur penyampaian kepada pemilik bangunan sudah masuk surat peringatan (SP) kedua.

“Sudah SP II, mereka (penghuni row jalan) diminta segera bongkar sendiri karena proyek pelebaran Simpang Tiga itu akan segera dimulai,” ujar Kabid Trantib Satpol PP Batam Imam Tohari di Batuaji, Selasa (13/4/2021).

Ia melanjutkan, untuk surat peringatan ketiga, akan segera dilayangkan dalam pekan ini. Itu artinya pembongkaran paksa akan dilaksanakan jika penghuni row jalan tetap tak mengindahkan SP ketiga tersebut.

“Pasti akan dibongkar paksa kalau SP III tak diindahkan juga,” ujarnya.

Terkait tuntutan relokasi dari penghuni row jalan, Imam mengaku belum ada keputusan. Sebab belum ada alokasi atau arahan lahan yang tepat dari Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Sumber : https://batam.tribunnews.com/2021/04/13/berita-populer-batam-dari-tilang-elektronik-hingga-penertiban-bangunan-di-jalan-trans-barelang?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *