Gak Ribet Urus Tilang Elektronik, Bisa Disanggah Keputusan polisi Asal

Petugas dari Satlantas Polresta Banyumas melakukan penatauan melalui kamera ETLE, Selasa (23/03/2021).

Gridmotor.id – Mengurus surat tilang elektronik itu tidak ribet, bahkan bisa sanggah keputusan Polisi asal ada bukti yang jelas. Saat ini tilang elektronik telah berlaku secara nasional dan mulai diberlakukan serentak pada bulan Maret lalu.

Sudah ada beberapa Polda telah ikut memasang kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) diberbagai titik. Bukan tanpa alasan kamera ETLE bertebaran di beberapa titik wilayah jalur protokol. Saat pengendara melakukan kesalahan, kamera ETLE yang bekerja dalam menindak pelanggaran.

Pengendara akan diberi waktu delapan hari untuk konfirmasi melalui situs web https://etle-pmj.info/id atau datang langsung ke kantor Sub-Direktorat Penegakan Hukum.

Surat konfirmasi akan dikirim selambat-lambatnya tiga hari setelah pelanggaran dilakukan.

Setelah melakukan konfirmasi, petugas akan menerbitkan tilang untuk pembayaran denda.

Apabila pengendara tidak membayar denda dalam kurun waktu 15 hari, pajak STNK akan diblokir.

Tapi tenang saja kalo brother tidak merasa bersalah, pengendara bisa menyanggah tilang elektronik tersebut.

Dalam web tilang elektronik tadi, pengendara bisa mengkonfirmasi apakah itu kendaraan miliknya atau bukan atau sudah terjual.

Dalam konfirmasi juga bisa menuliskan sanggahan peristiwa yang sebenarnya.

Termasuk mengkonfirmasi apakah pemilik kendaraan yang mengendarai kendaraan saat kejadian atau bukan.

Jadi dalam web itu ada pilihan pengendara yang bersangkutan dan bukan pengendara yang bersangkutan.

telah mengisi seluruh data yang ada di dalam web itu dengan benar dan jujur pada bagian akhir, pengendara harus memilih di antara 2 pernyataan.

Yakni benar pelanggar dan pilihan lainnya bersedia untuk penggunaan konfirmasi ini sebagai pengganti tanda tangan tilang blanko.

Setelah sanggahan diterima polisi, tilang E-TLE bisa dianulir pelanggaran setelah ada pembuktian dengan sumber yang sah dan sesuai registrasi kendaraan.

Nah, gak ribetkan mengurus tilang elektronik. Lebih tidak ribet lagi kalau kita taat pada aturan lalu lintas tidak perlu di tilang.

Sumber : https://gridmotor.motorplus-online.com/read/292640862/gak-ribet-urus-tilang-elektronik-bisa-disanggah-keputusan-polisi-asal?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *