Kamera Tilang Elektronik Juga Dipasang di Tol Jakarta, Incar Mobil-mobil Ngebut

Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta bakal jauh lebih menertibkan pengendara dengan mempersiapkan setidaknya 100 kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Kamera bakal disebar di beberapa titik, termasuk jalan bebas hambatan di Jakarta.

Menariknya, kamera ETLE yang bakal diterapkan di jalan tol di Jakarta bisa menangkap kendaraan yang bandel menggeber kecepatan di atas rata-rata. Demikian diungkapkan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo kepada detikOto.

“Penambahan kamera (pada 2021) akan ada di tol ruas jalan kota, Priuk dan semua jalan tol yang padat pasti kita pasang. Speeding selama ini agak sulit diterapkan seperti pada malam hari dan sebagainya, padahal batas kecepatan itu berlaku 24 jam mau pagi, siang atau malam, mau sepi atau ramai itu tetap berlaku, sehingga saat tidak ada petugas itu (kamera ETLE) bisa berperan,” ujar Sambodo.

Meski demikian, sambodo yakin pengendara di Jakarta sudah sangat peduli dengan kamera e-TLE, terbukti pelanggaran lalu lintas terus menurun.

“Saat ini sudah ada 57 kamera yang ada di Jakarta, itu dalam dua tahap, tahap pertama itu 12 kamera di 2019, tahap kedua 45 kamera beroperasional di 2020. Rencana 2021 ini kita akan melanjutkan tahap ketiga. Pertama dari sisi jumlah kamera kita ada 3 sumber penambahan, mengacu pada 2019-20 dari hibah Pemprov DKI, saat ini kita tengah ada usulan menambah kamera yang ada, sumber kedua itu ada penambahan 20 kamera di 10 koridor busway dari pihak TransJakarta, sumber ketiga speeding kamera yang akan diterapkan di jalan tol untuk mengetahui ambang batas kecepatan,” kata Sambodo.

“Nah itu mungkin 50 kamera yang coba kita gelar di 2021 sehingga kalau ini berhasil paling tidak ada di 2021 ada 100 kamera yang beroperasional di Jakarta,” Sambodo menambahkan.

 

Sumber : https://oto.detik.com/berita/d-5360377/kamera-tilang-elektronik-juga-dipasang-di-tol-jakarta-incar-mobil-mobil-ngebut

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *