Pemobil Punya ‘CCTV’ Tak Jadi Ditilang, Anggota DPR Minta E-Tilang Dipercepat

Arsul Sani (Rahel/detikcom)

Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani menjelaskan maksudnya me-retweet video viral pengemudi yang tak jadi ditilang karena memiliki ‘CCTV’ atau dash cam. Arsul meminta Polri melakukan pembenahan dalam percepatan program tilang elektronik atau e-tilang.
“Pembenahan dimaksud adalah mempercepat program tilang elektronik seperti yang disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sewaktu fit and proper test di Komisi III,” kata Arsul kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Arsul meminta Polri bekerja sama dengan pihak terkait lainnya dengan memperbanyak CCTV untuk e-tilang. Jadi, menurut Arsul, segala jenis pelanggaran apapun bisa diketahui, termasuk penyimpangan wewenang oleh oknum polisi lalu lintas.

“Tentu ini Polri tidak bisa sendirian melainkan harus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pengelola jalan tol untuk memasang kamera di tempat di mana potensi pelanggaran lalin-nya tinggi,” ujarnya.

“Juga agar diperbanyak CCTV di berbagai jalan untuk mengawasi bukan saja potensi kejahatan, tetapi juga penyimpangan siapapun termasuk oknum-oknum polantas patroli jalan raya yang akan memanfaatkan pelanggaran-pelanggaran untuk melakukan hal-hal tidak terpuji terhadap sopir angkutan umum,” lanjutnya.

Arsul sebelumnya me-retweet video viral pengemudi yang tak jadi ditilang karena memiliki CCTV. Dilihat detikcom, Senin (8/2), video di Twitter itu sudah ditonton 286 ribu kali. Video viral ini diambil dari dash cam si pengemudi. Awalnya, pengendara itu diminta menepi oleh seorang polisi di ruas jalan tol. Belum diketahui pasti di mana peristiwa ini terjadi.

Setelah pengemudi diminta menepi, salah seorang polisi menyebutkan ada pelanggaran marka jalan. Si pengemudi menepis sangkaan polisi lalu lintas itu dengan menyebut dia punya ‘CCTV’ atau dalam hal ini dash cam.

“Saya nggak melanggar loh, Pak, saya lihat belum garis segitiga itu,” kata pengendara mobil.

“Di sini kelihatan jelas, Pak, Bapak yang mengendarai,” timpal seorang polisi.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5367494/pemobil-punya-cctv-tak-jadi-ditilang-anggota-dpr-minta-e-tilang-dipercepat/2

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *