Hari Ini Kamera Tilang Elektronik Dipasang di Simpang Empat Tamanan Kabupaten Tulungagung

Kamera tilang elektronik yang sudah dipasang di Simpang Empat Tamanan Tulungagung.

 

 

Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung telah memasang perangkat kamera untuk tilang elektronik, di Simpang Empat Tamanan.

Kamera untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas ini siap dioperasikan.

Pemasangan dilakukan pada Senin (15/3/2021) sore, dan hari ini, Selasa (16/3/2021) siap diuji coba.

“Servernya ada pada Dishub, tapi nanti operasionalnya ada di Satlantas (Polres Tulungagung),” terang Kepala Dinas Perhubungan, Galih Nusantoro.

Ada dua set kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di salah satu simpang empat paling ramai di kawasan kota ini. Kamera ini juga dilengkapi automatic license plate recognition (ALPR).

“Untuk tahap awal akan dilakukan sosialisasi dulu selama satu minggu,”sambung Galih.

Dari pengamatan di Simpang Empat Tamanan, ada dua set kamera ETLE di sisi barat dan timur. Kamera di sisi timur menyorot ke arah barat, untuk menangkap pelanggaran lalu lintas dari arah barat.

Sebaliknya kamera di barat menyorot ke timur, untuk menangkap pelanggaran lalu lintas dari arah timur. Sementara dari arah utara dan selatan tidak dipasang kamera ETLE.

Disinggung nilai pengadaan alat ini, Galih menyebut di atas Rp 1 miliar. Pengadaan dilakukan dengan sistem e-catalog.

“Untuk sementara ada di satu titik ini. Mungkin ke depan akan ada evaluasi,” pungkas Galih.

Informasi yang didapat wartawan, rencana awal uji coba dilaksanakan 17 Maret nanti. Sistem tetap akan mengirimkan surat tilang kepada pelanggar, namun berupa teguran.

Tilang baru akan efektif diberlakukan setelah peluncuran secara resmi dari Mabes Polri. Setiap pelaku pelanggaran lalu lintas akan mendapat kiriman surat tilang berdasar alamat pemilik mobil.

Jika tidak ada konfirmasi dari pemilik mobil, maka STNK akan diblokir. Jika tilang ini tidak dibayar, maka STNK tidak bisa diperpanjang.

 

 

Sumber : https://surabaya.tribunnews.com/2021/03/16/hari-ini-kamera-tilang-elektronik-dipasang-di-simpang-empat-tamanan-kabupaten-tulungagung?page=all

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *