Solo Jadi Role Model Penerapan Tilang Elektronik ETLE Daerah Lain

TRIBUNJATENG.COM, SOLO – Beberapa waktu lalu, Mabes Polri melalui Korlantas meresmikan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Kota Solo akan dijadikan role model pada program tilang elektronik tersebut oleh Korlantas Mabes Polri.

Maka, nantinya bila ada satuan wilayah (Satwil) lain ingin menerapkan hal serupa, bisa belajar dari Solo.

Hal itu diungkapkan Direktur Keamaman dan Keselamatan (Dirkamsel) Koorlantas Mabes Polri, Brigjen Pol Chryshanda Dwilaksana usai memimpin rapat Smart City di Aula Mapolresta Solo, Selasa (30/3/2021).

“Ini merupakan upaya membangun smart city di Kota Surakarta. Jadi smart city ini merupakan pelayanan prima, terutama di bidang lalu lintas yang aman, nyaman, tertib, dan lancar serta ada keteraturan sosial yang baik,” ucap perwira tinggi Polri bintang satu itu.

Konsep smart city dengan mengusung tema program e-TLE ini, menurut dia, bisa menjadi model dan diharapkan mengispirasi daerah lain.

“Solo bisa dijadikan role model pada kota keberhasilanya yang tinggi. Bisa menjadi icon dan rujukan bagi Satwil lain,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga hadir dalam rapat berencana mensinergikan program ETLE dengan CCTV yang dimiliki Dishub Kota Solo.

“Kita ingin mengaplikasikan itu sebesar dan seluas mungkin. Jadi kita hubungkan dengan kamera yang dimiliki dishub, jadi keamaman di Kota Solo jadi lebih terjamin lagi,” ungkapnya.

Dengan adanya sinergi, Putra Presiden Joko Widodo itu ingin kota yang dia pimpin aman dan nyaman.

“Dan paling penting kalau saya atau Pak Kapolresta mau ngecek apa-apa gampang, dan ter tracking semua. Kita bisa memakai Solo Destination, kita gabungkan jadi super apps,” jelasnya.

Gibran menjelaskan, soal kualitas CCTV milik Dishub, Gibran mengakui memang resolusinya masih rendah.

“Ya nanti kita upgrade. Setelah lebaran mungkin bisa tersingkron sambil terus kita lihat progresnya,” tandasnya.

Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2021/03/30/solo-jadi-role-model-penerapan-tilang-elektronik-etle-daerah-lain

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *