Enam Kamera Pengintai Sudah Terpasang di Tiga Titik, e-Tilang di Sidoarjo Segera Berlaku

CCTV yang telah terpasang di perempatan alun-alun Sidoarjo. (Satria Nugraha/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Di Kabupaten Sidoarjo akan segera diberlakukan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik (e-Tilang). Hingga saat ini sudah ada tiga titik lokasi yang dipasang CCTV atau kamera pengintai, yaitu di simpang empat alun-alun, Babalayar dan Erlangga.

“Masing-masing titik tersebut kami pasang dua kamera, agar bisa memantau kondisi lalu-lintas dua arah. Sehingga lebih maksimal,” terang Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wikha Ardilestanto, Sabtu (27/3/2021).

Selain itu, juga mempersiapkan pembagunan command center atau pusat kendali yang akan ditempatkan di Mapolresta Sidoarjo. “Setelah pemasangan CCTV ETLE dilakukan install aplikasi command center yang ada di Polresta dengan Dishub Sidoarjo. Selajutnya adalah proses MoU (Memorandum of Understanding) untuk penegakkan hukum antara Polresta, Kejaksaan dan Pengadilan,” jelasnya.

Wikha menjelaskan, butuh waktu sekitar satu bulan lebih untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum ETLE ini benar-benar diterapkan. “Target kami bulan depan ETLE bisa dimulai. Perlu ditegaskan, pemberlakuan ETLE ini bukan dibuat untuk menilang pengendara sebanyak-banyaknya. Namun dibuat agar masyarakat lebih waspada dan patuh pada rambu lalu-lintas agar semua selamat di jalan,” urai mantan Kasatlantas Gresik ini.

Selain CCTV ETLE yang bersifat statis, Polda Jatim juga akan mengembangkan kamera INCAR bersifat portable yang dipasang di mobil patroli anggota. Sekitar pertengahan Bulan April 2021 mendatang, rencananya Polda Jatim akan membagikannya ke seluruh kabupaten/kita di Jawa Timur.

Sumber : https://klikjatim.com/enam-kamera-pengintai-sudah-terpasang-di-tiga-titik-e-tilang-di-sidoarjo-segera-berlaku/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *