Kota Tegal Terapkan Tilang Elektronik, CCTV Disebar di 16 Lokasi Ini untuk Awasi Pelanggar Lalu Lintas

TEGAL – Sistem tilang elektronik atau elektronic traffic law enforcement (ETLE) mulai berlaku di Kota Tegal. Untuk mencatat dan merekam pelanggaran, sedikitnya ada 16 kamera pengawas atau CCTV aktif yang telah terpasang.

Data dari Kasatlantas AKP Nur’aini Rosyidah menyebut, ada 4 CCTV dari Traffic Management Center (TMC) Polres Tegal Kota. Lalu 12 CCTV Dinas Perhubungan Kota Tegal.

Ke-4 CCTV Polres Tegal Kota berada di Simpang Pasar Anyar, Simpang Coyo, Simpang Terminal Bus Kota Tegal bagian timur dan Simpang Terminal bagian barat.

Kemudian, 12 CCTV Dinas Perhubungan berada di Simpang Pasific Mal, Kejambon, Alun-alun Kota Tegal, Simpang Terminal bagian luar, perlintasan rel Kereta Api Tirus, Simpang Naga Mas, Gili Tugel, Yogya Mal, Kantor Pos, Pasar Anyar, Simpang RSUD Kardinah, dan Simpang Kaligangsa.

“Bukti tilang dan dokumentasi pelanggarannya dikirim ke rumah pelanggar,” kata Rita usai meninjau Ruang TMC ETLE di Mapolres Tegal Kota, Rabu (24/3/2021).

Rita mengatakan, untuk menyukseskan tilang ETLE, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk membenahi sarana prasarana termasuk rambu dan marka jalan.

“Jangan sampai kita lakukan penindakan tapi sarana prasarana masih belum jelas, seperti tadi marka-nya ada yang sudah hilang garisnya karena hujan ini harus dibenahi‎,” kata Rita.

Rita mengemukakan, adapun jenis pelanggaran yang akan ditilang antara lain‎ melanggar rambu dan marka, batas kecepatan, tidak menggunakan ‎sabuk keselamatan, serta menggunakan ponsel‎ saat berkendara.

Untuk tahap awal, sosialisasi juga akan terus dilakukan kepada masyarakat sehingga semakin memiliki kesadaran untuk tertib dalam berlalu lintas.

“Sambil berjalan kita lakukan skala prioritas mana yang perlu ditindak mana yang tidak,” kata Rita Wulandari.

Rita menyebut akan melibatkan Bhabinkamtibmas untuk dibekali pemahaman tilang elektronik. Sehingga nantinya bisa disampaikan langsung ke masyarakat.

“Sosialisasi‎ dengan memberdayakan semua komponen. Seperti Bhabinkamtibmas akan kita bekali dengan pengetahuan, dan juga beberapa media untuk memahamkan masyarakat terkait ETLE yang kita berlakukan,”‎ katanya.

Sumber : https://panturapost.com/kota-tegal-terapkan-tilang-elektronik-cctv-disebar-di-16-lokasi-ini-untuk-awasi-pelanggar-lalu-lintas/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *