78 Pengendara di Purwokerto Terjaring Tilang ETLE di Hari Pertama, Ini Jenis Pelanggarannya

Anggota Polisi menunjukkan pelanggaran lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE dari Ruang Pos Jaga ETLE Satlantas Polresta Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (23/3/2021).(KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN)

KOMPAS.com – Puluhan pengendara di Purwokerto, Jawa Tengah, terkena tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Selasa (23/3/2021). Menurut Kasat Lantas Polresta Banyumas Kompol Ryke Rhimadila di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, tercatat ada 78 pengendara yang melanggar lalu lintas.

Sebagian besar pelanggaran yang dilakukan adalah tak mengenakan helm dan sabuk pengaman lalu memakai ponsel saat berkendara. “Lebih banyak pelanggaran pengendara roda dua yang tidak memakai helm. Kalau pelanggaran pengemudi roda empat antara lain tidak menggunakan sabuk pengaman dan menggunakan ponsel,” jelas Ryke.

Seperti diberitakan sebelumnya, mulai tanggal 23 Maret 2021, polisi secara serentak menerapkan tilang elektronik di sejumlah wilayah di Indonesia. Di Purwokerto, menurut Ryke, ada empat kamera ETLE yang disiapkan.

Namun, pada tahap awal kamera ETLE yang digunakan dipakai adalah di simpang Pasar Wage Purwokerto.

“Sebetulnya ada empat titik, yaitu di simpamg Pasar Wage, Omnia, GOR, dan Sawangan. Untuk uji coba ini baru di simpang Pasar Wage,” ujar Ryke. Untuk titik-titik yang tidak tercover, Ryke mengatakan, penindakan menggunakan kamera portable yang terpasang pada helm anggota Satlantas yang berpatroli.

“Ada sekitar 10 kamera portable yang kami gunakan. Untuk tahap awal ini penindakan hanya di wilayah perkotaan, ke depan akan sampai ke pedesaan,” kata Ryke.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/03/24/104926778/78-pengendara-di-purwokerto-terjaring-tilang-etle-di-hari-pertama-ini-jenis

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *