Melihat Arus Lalu Lintas yang Membuat Jl Moh Kahfi I Macet

Jakarta – Sore ini kondisi Jl Mohammad Kahfi I, tepatnya di Persimpangan Jl Brigif, Jagakarsa, Jakarta Selatan cukup padat meski tidak disebut macet. Kendaraan dari Jl Brigif, dan Jl Warung Silah ikut menambah volume kendaraan di Jl Moh Kahfi I.
Seperti diketahui, persimpangan tersebut terdiri dari Jl Moh Kahfi yang diapit oleh Jl Brigif di arah barat, dan Jl Warung Silah di arah timur meski tidak sejajar. Namun, di tengah persimpangan itu dipasang pembatas, sehingga kendaraan dari Jl Brigif dan Warung Sila, tidak bisa langsung belok kanan. Mereka terlebih dahulu berbelok ke kiri untuk kemudian berputar balik.

Pantauan detikcom di lokasi pada Rabu (24/3/2021) pukul 17.25 WIB, terlihat kepadatan di Jl Moh Kahfi. Namun, kepadatan sesekali dapat terurai hingga tidak menimbulkan kemacetan yang memanjang. Terlihat juga petugas polisi yang membantu mengatur lalu lintas di jalan tersebut.

Di Jl Brigif merupakan akses menuju Tol Depok Antasari (Desari). Kondisinya sore ini, padat kendaraan yang ingin keluar menuju Jl Moh Kahfi I, sehingga kendaraan yang ada di belakangnya dan kendaraan yang ada di Jl Moh Kahfi I tersendat dan harus menunggu.

Kendaraan dari Jl Brigif ingin putar balik di Jl Moh Kahfi I ke arah Ciganjur. Maka mereka harus memotong jalur dan membuat kendaraan lain tersendat.

Begitu juga di Jl Warung Silah, mobil yang ingin keluar dari Jl Warung Silah membuat kendaraan di Jl Moh Kahfi terhenti untuk sementara. Namun, mobil yang ingin masuk ke jalan tersebut bisa langsung tanpa membuat kendaraan dibelakangnya terhenti jika persimpangan tersebut lengang.

Dari Jl Warung Silah, lebih banyak kendaraan yang putar balik menuju Jl Brigif maupun Cipendak. Putar balik kendaraan tersebut juga merupakan salah satu penyebab kendaraan lain tersendat.

Lebar jalan di Jl Moh Kahfi I memang cukup sempit. Mobil jadi tidak bisa leluasa untuk putar balik. Mobil yang ingin putar balik arah harus mengambil ancang-ancang bahkan memundurkan kendaraannya jika ingin putar balik. Biasanya di titik putar balik tersebut ada petugas atau pak ogah yang membantu kendaraan putar balik.
Seperti diketahui, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, sedang mengkaji rekayasa lalu lintas untuk atasi macet Jl Moh Kahfi I. Meski belum ada hasil kajian, tapi beberapa usulan rekayasa menjadi pembahasan.

“Ada usulan, pada jam tertentu, dari Warung (Jl Warung Silah) silakan bisa langsung belok ke kanan, jadi tidak muter,” ucap plt Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, Selasa (16/3).

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5506352/melihat-arus-lalu-lintas-yang-membuat-jl-moh-kahfi-i-macet

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *