Kota Tangerang Bakal Dipasangi Kamera Tilang Elektronik di Dua Titik

Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.(Aprillio Akbar)

TANGERANG, KOMPAS.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Tangerang Kota berencana memasang kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di dua titik wilayah Kota Tangerang.

KBO Satlantas Polres Metro Tangerang Kota AKP Agus Pribadi berujar, dua titik tersebut berada di perempatan Tugu Adipura, Kelurahan Sukasari, dan di Jalan Daan Mogot, Kelurahan Tanah Tinggi.

“Untuk kesiapan tilang elektronik, Satlantas Polres Metro Tangerang Kota menunggu dari pada perintah pimpinan (Polda Metro Jaya),” ujar Agus saat ditemui, Selasa (23/3/2021).

“Rencananya baru ada dua titik, (yaitu) di Tugu Adipura, dan di Kelurahan Tanah Tinggi,” imbuh dia.

Menurut Agus, sistem ETLE akan diterapkan di dua titik tersebut lantaran kedua ruas jalan kerap terjadi kemacetan. Dengan adanya sistem itu, lanjut Agus, maka pengendara kendaraan yang melanggar aturan berlalu lintas mampu diketahui dengan lebih cepat. “Nah, pada saat bersamaan, kamera ETLE bisa menangkap beberapa pelanggaran sekaligus. Dari marka jalannya juga keliatan,” papar Agus.

Dengan diterapkannya sistem itu pula, antar aparat kepolisian dan masyarakat tidak perlu bertatap muka, sehingga mengurangi interaksi secara langsung.

Agus menyatakan, sistem tilang elektronik cukup efektif bila diterapkan di wilayah Kota Tangerang.

Bahkan, kata Agus, kamera tilang elektronik mampu menekan angka kriminalitas.

“Efektif, karena kameranya juga bisa meng-capture sampai ke dalam kendaraan, siapa yang menyetir, dan lainnya,” ucap dia.

Usai diterapkannya kamera ETLE di dua titik itu nanti, aparat kepolisian juga hendak memasang kamera tilang elektronik di titik-titik lainnya.

“Proyeknya dua titik itu dulu. Nanti, di setiap lampu merah akan dipasang kamera tilang elektronik,” tutur dia.
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sempat menyatakan, pihaknya belum menerima arahan dari Polda Metro Jaya terkait penerapan ETLE di Kota Tangerang.

“Belum ada arahan dari Polda Metro Jaya. Kami belum diskusi ke situ,” ungkap Arief melalui sambungan telepon, Kamis (18/3/2021) malam.

Pihak Pemkot Tangerang, kata Arief, hendak mendiskusikan lebih lanjut terkait tilang elektronik bersama dengan instansi lainnya.

Menurut Arief, adanya sistem tilang elektronik mampu membuat masyarakat lebih disiplin dan memudahkan petugas kepolisian dalam hak penilangan.

“Urgensinya itu kan memang memudahkan petugas, agar masyarakat lebih disiplin,” tutur politikus Demokrat itu. “Ya nanti kita lihat perkembangannya,” imbuh dia.

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/23/14394911/kota-tangerang-bakal-dipasangi-kamera-tilang-elektronik-di-dua-titik?page=all

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *